Pages

Rabu, 22 Mei 2013

Karya Ilmiah Remaja ( KIR ) “ Manfaat daun pandan terhadap kesehatan rambut ’’


DAFTAR ISI

Kata Pengantar    ………………………………………………………………….. I
Daftar Isi    …………………………………………………………………………….. II
Abstrak    ……………………………………………………………………………  III
BAB I PENDAHULUAN    …………………………………………………………………. 1
1.1    Latar Belakang    ……………………………………………………… 1
1.2    Rumusan Masalah        ...............................................1
1.3    Tujuan Penulisan    ……………………………………………………… 1
BAB II LANDASAN TEORI    ……………………………………………………… 2
BAB III METODE PENELITIAN    ……………………………………………………… 3
3.1 Alat dan Bahan    ……………………………………………………… 3
3.2 Waktu dan Tempat    ………………………………………….. 3
3.3 Cara Kerja        ……………………………………………………… 3
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN    …………………… 4
    4.1 Hasil Penelitian    ……………………………………………………… 4
    4.2 Pembahasan    ……………………………………………………… 4
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN    ………………………………………….. 5
    5.1 Kesimpulan    ……………………………………………………… 5
    5.2 Saran    …………………………………………………………………. 5
DAFTAR PUSTAKA    …………………………………………………………………. 6
LAMPIRAN    …………………………………………………………………………….. 7
BIODATA    …………………………………………………………………………….. 8





ABSTRAK

 Debu dan polusi, perawat rambut disalon dengan zat kimia berbahaya yang dapat merusak rambut.maka,ada kalanya rambut harus dirawat dengan cara dan bahan yang alami. Oleh sebab itu,penelitian ini membahas mengenai cara alami merawat rambut dengan bahan yang alami yang baik bagi kesehatan rambut seperti daun pandan yang merupakan segolongan tumbuhan monokotil dari genus pandanus yang memiliki kandunagn zat yang dibutuhkan rambut. Cara penggunaannya yaitu 7 lembar daun pandan dicuci lalu di potong kecil-kecil, kemudian direbus dalam air sebanyak 1 liter. Dan setelah mendidih dan warna airnya berwarna sedikit hijau atau hijau, air rebusan tersebut diembunkan semalaman dan digunakan selesai keramas dengan cara mengusapkan pada rambut setelah selesai rambut dibilas.Hal ini telah dibuktikan oleh penulis dengan pemakaian yang teratur yaitu 3 kali dalam seminggu. Selain untuk rambut manfaat lain dari daun pandan yaitu mengobati panu,rematik dan pegal linu,gelisah,lemah saraf,darah tinggi,dan menambah nafsu makan.dengan penggunaan yang teratur, rambut akan menjadi kuat dan lebat, rambut rontok dan ketombe akan berkurang,serta rambut menjadi lebih hitam.




KATA PENGANTAR
Syukur alhamdulillah saya panjatkan kehadirat Allah SWT, dengan rahmat dan hidyah-Nyalah saya dapat menyelesaikan makalah karya ilmiah remaja ini.   
Makalah ini saya membahas mengenai “ manfaat daun pandan terhadap kesehatan rambut “ yang diajukan untuk memenuhi tugas pelajaran karya ilmiah remaja untuk nilai praktek akhir semester.
Dalam penulisan makalah ini begitu bnyak kesulitan yang saya temui  seperti kurang informasi dari buku-buku bacan yang berkaitan dengan makalah ini. Akan tetapi, berkat ad nya bimbingan dari guru serta dukungan dari beberapa pihak Alhamdulillah akhirnya saya dapat menyelesaikan makalah ini.
Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada ibu Farlima selaku pembimbing dan guru mata pelajaran karya ilmiah remaja ini, yang telah memberikan bimbingan dan arahan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.

Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat  kepada para pembaca, saya juga mengharapkan kritik dan saran pembaca terhadap makalah ini guna untuk perbaikan yang lebih baik lagi.



Subulussalam,13 desember 2012
      
Penulis,





BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah

Di jaman era globalisasi saat ini, kenderaan merupakan trnasportasi yang sangat dibutuhakan manusia. Sehingga, manusia tidak dapat lagi terhindar dari debu dan polusi yang dapat menggagu kesehatan manusia termasuk kesehatan pada rambut.
Disamping debu dan polusi pada saat sekarang ini, banyak orang yang terlalu mengikuti perkembangan jaman, salah satunya melakukan perawatan rambut yang instan. Seperti malakukan perawatan rambut di salon setiap harinya dengan menggunakan zat-zat kimia yang belum tentu baik untuk rambut. Dan pada akhirnya rambut akan rusak karena telah kehilangan nutrisinya. Padahal rambut merupakan mahkota yang menjadi kebanggaan tersensiri bagi manusia terutama para wanita.
Maka, untuk menghindari hal ini, ada kalanya rambut harus dirawat dengan cara dan bahan yang alami. Oleh sebab itu,penelitian ini membahas mengenai cara alami merawat rambut dengan bahan yang alami yang baik bagi kesehatan rambut.

1.2    Rumusan Masalah

1.2.1    Apa manfaat dari daun pandan ?
1.2.2    Bagaimana penggunaan daun pandan pada rambut ?

1.3    Tujuan Penelitian

1.3.1    ingin mengetahui manfaat dari daun pandan
1.3.2    ingin mengetahui apakah daun pandan baik bagi perawatan rambut
1.3.3    ingin mengetahu cara merawat rambut dengan bahan yang alami




BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Pandan

Pandan merupakan segolongan tumbuhan monokotil dari genus pandanus. Sebagian besar anggotanya merupakan tumbuh di pantai-pantai daerah tropika. Anggota tumbuhan ini dicirikan dengan daun yang memanjang (seperti daun palem atau rumput). Seringkali tepinya bergerigi akarnya besar dan memiliki akar tunjang yang menopang tumbuhan ini. Buah pandan tersusun dalam karangan berbentuk membulat, seperti buah durian. Ukuran tumbuhan ini bervariasi mulai dari 50 cm sampai dengan 5 m. daunya selalu hijau ( hijau abadi,evergreen) sehingga beberapa diantaranya dijadikan tanaman hias.

Berbagai jenis pandan menyebar dari afrika timur,asia tenggara, Australia hingga kepulauan fasifik. Paling sedikit ada 600 jenis pandan yang tersebar diseluruh dunia. Beberapa jenis pandan diantaranya, yaitu :
•    pandan wangi
•    pandan laut
•    pandan duri
•    pandan buah merah papua
•    pandan melintir
•    pandan putih
•    pandan afrika
•    dll
pandan bali sering dijadikan tanaman hias, bukanlah anggota pandanus melainkan cordyline. (id.wikipedia.org/wiki/pandan : 2011)

daun pandan memiliki banyak manfaat diantaranya untuk para ibu-ibu di dapur yaitu sebagai bahan tambahan makanan seperti pewangi makanan dan pewarna alami makanan. Daun pandan juga mengandung polifenol seperti yang terkandung dalam daun teh yang baik untuk kesehatan.selain itu, daun pandan juga bermafaat untuk mengobati panu,mengobati darah tinggi,penambah nafsu makan, mengatasi lemah saraf, mengobati rematik dan pegal linu serta mengobati sakit yang disertai gelisah.(supermetromall.com/index)

daun pandan banyak memberikan manfaat karena kandungan daun pandan yang berkhasiat. Adapun kandungan kimia daun pandan yaitu alkaloid,saponin,flavoida,tanin dan polifenol.(mistahduatujuh.blogspot.com)





BAB III
METODE PENELITIAN

3.1  Alat dan Bahan

3.1.1 Alat
•    Dandang
•    Pisau
•    Kompor
•    Ember kecil

3.1.2 Bahan
•    Daun pandan 7 lembar
•    Air bersih 1 liter

3.2  Waktu dan Tempat

3.2.1 Waktu
Penelitian ini dimulai dari bulan September hingga selesai
3.2.2 Tempat
Penelitian ini dilaksanakan di jalan suka makmur dusun AMD tepatnya dikediaman penulis.

3.3  Cara Kerja

3.3.1 Cuci bersih 7 lembar daun pandan, lalu potong kecil-kecil
3.3.2 Masukkan potongan daun pandan kedalam dandang,lalu tambahkan 1 liter air bersih.
3.3.3 kemudian direbus hingga airnya berbah warna menjadi sedikit atau hijau
3.3.4 setelah mendidih,tuangkan kedalam ember kecil, lalu embunkan semalaman.


BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


4.1 Hasil Penelitian

    Hasil penelitian ini yaitu penelitian ini membuktikan bahwa kandungan zat dari daun pandan dapat memberikan nuttrisi yang dibutuhkan oleh rambut apabila dipakai secara teratur yaitu 3 kali dalam seminggu.maka,rambut akan kelihatan lebih sehat.seperti, berkurangnya ketombe pada rambut, mengurangi kerontokan pada rambut, rambut menjadi lebat dan kuat serta rambut akan menjadi lebih hitam.


4.2 Pembahasan

4.2.1 Manfaat dari daun pandan

    Daun pandan memiliki sangat banyak manfaat, selain untuk bahan tambahan makanan, daun pandan baik bagi kesehatan rambut. Disamping itu, daun pandan juga memiliki banyak manfaat lain, diantaranya :
1.    Mengobati panu
2.    Mengobati darah tinggi
3.    Penambah nafsu makan
4.    Mengatasi lemah saraf
5.    Mengobati rematik dan pegal linu
6.    Mengobati gelisah

4.2.2 Penggunaan daun pandan pada rambut

    Penggunaan daun pandan pada rambut cukup mudah yaitu selesai keramas dengan shampoo, daun pandan yang telah di embunkan semalaman ( caranya ada pada BAB III ) diusapkan merata pada rambut, setelah selesai di usapkan kemudian rambut dibilas dengan air bersih. Dan untuk mendapatkan hasil yang baik, gunakan secara teratur yaitu 3 kali dalam seminggu

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan

    Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa daun pandan mengandung zat yang memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu dapat memberikan kesehatan pada rambut. Seperti, mengurangi kerontokan pada rambut, mengurangi ketombe pada rambut, rambut menjadi lebat dan kuat serta lebih hitam.

5.2 Saran

    Daun pandan akan memberikan kesehatan pada rambut, jika penggunaannya secara teratur. Jadi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan 3 kali dalam seminggu selesai keramas dengan shampo.  

DAFTAR PUSTAKA

(id.wikipedia.org/wiki/pandan : 2011)
(supermetromall.com/index)
(mistahduatujuh.blogspot.com)

2 komentar:

Ignasius Yohanes mengatakan...

Permisi Kak saya mau tanya..
yang digunakan itu embunya atau air yang direbus?

Unknown mengatakan...

Yg d rebus

Posting Komentar